Keutamaan Puasa Bulan Rajab


Rajab merupakanbulan ketujuh dalam hitungan kalender Islam. Sama seperti Muharram, Rajab jugatermasuk bulan-bulan mulia. Allah meng-Isra Mikraj-kanRasulullah SAW pada bulan Rajab. Perintah shalat juga diwajibkan padabulan ini. Rasulullah SAW bersabda:
“Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhanadalahbulan umatku.”
BulanRajab merupakanmomentum yang tepat untukmeningkatkankualitasibadah kita kepada Allah. Padabulan ini, sepatutnya energy kita difokuskan untukmenunjukkan cinta kita kepada Allah SAW dan Rasulullah SAW. Lalu, bagaimanacaranyamenunjukkan cinta kita itu?
Salah satu cara menunjukkancinta kepada Allah dan Rasulullah SAW padabulan Rajab adalah denganmelakukanpuasa sunah. Rasulullah SAW mengatakanbahwa bagiyang menjalankanpuasa padabulan Rajab, ia akan mendapatkanmanisnya hidangansurga. Sebagaimanabunyi hadits:
“Sesungguhnya di surga itu adasuatu sungai bernama“Rajab”, warnanyalebih putih dari susu, rasanyalebih manis darimadu. Barangsiapayang berpuasasatu hari dalam bulan Rajab, makaakandiberi minumoleh Allah darisungai itu.” (HR. Bukhari Muslim)
Oleh karena itu, bagi kita yang merindukan hidangan lezat di surga, tidak ada alasanlagi untukmeninggalkanpuasasunah padabulan Rajab.
Hadis Nabisaw tentang KeutamaanBulan Rajab
Doaketika melihat bulan sabit Rajab
Anasbin Malik berkatabahwa ketika memasuki bulan RajabRasulullah saw berdoa: "
Ya Allah, berkahi kamidi bulan Rajabdan Sya'ban, dan sampaikankamike bulan Ramadhan."
Hadis ini bersumber: Al-Faqih Abu MuhammadIsmailbin Al-Husein Al-Bukhari dari Al-Imam AbuA'la', tahun 399H, dari Ismailbin Ishaq, dariMuhammadbin Abu Bakar, dariZaidah bin Abi Raqaddari Ziyadah An-Numairi dariAnas bin Malik. (Fadhail Syahr Rajab: 494)
Penetapan Nabi saw tentang bulan Rajab
Ayah dari IbnuAbi Bakrahsalahsahabat Nabi berkatabahwa Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya zamanberputar seperti keadaanhari Allah menciptakan langit dan bumi, satu tahun adalah dua belas bulan. Di antaradua belas bulan itu adalah empat bulan mulia, tiga bulan berturut-turut Dzul-Qaidah, Dzul Hijjah dan Muharram, dan bulan Rajab yang berada di antaraJumadil Akhir dan Sya'ban ..."
Hadis ini bersumberdari: Syeikh Al-Hafizh Ahmad bin Ali Al-Ishfahani, dariAbu Amer Muhammadbin AhmaddariAbbasAsy-Syaibani, dariAbuBakar bin Abi Syaibah, dari AbdulWahhab Ats-Tsaqafi dari Ayyub, dari IbnuSirin dari IbnuAbi Bakrahdari ayahnya, ia salahseorangsahabat Nabisaw.
Hadis ini Muttafaq alayh, diriwayatkan oleh Muhammadbin IsmailAl-Bukhari dalam kitabnya Al-Jami', dan Muslim bin Hujjaj Al-Qusyairi dalamMusnadnya.Semuanya bersumberdari jalur Abdul Wahhab Ats-Tsaqafi.
Penamaanbulan Rajabsebagai bulan Allah
Siti Aisyah isteri Nabisaw berkatabahwa Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya bulan Rajab adalahbulan Allah ..."
Hadis ini bersumberdari: AbuManshur Zhafr bin MuhammadAl-Husaini dari AbuShaleh Khalaf bin Ismail, dariMakki bin Khalaf, dari Nashr bin Al-Husein dan Ishaqbin Hamzah, dari Isa bin Musa, dariUbaiz bin Quhair, dari Ghalib bin Abdullah, dariAtha' dari Siti Aisyah isteri Nabi saw.
Hadis ini jugadiriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri, dengan mata rantaisanad: Abu Nashir bin Ahmadbin Ali Asy-Syabibi, dari AbulHasanMuhammadbin MuhammadAl-Karizi, dari AbuAbdillah Muhammadbin Isa An-Naisaburi, dariMuhammadbin Ibrahim dari Al-Husein bin Salamah Al-Wasithi, dari Yahya bin Sahel, dariIshambin Thaliq, dari AbuHarun Al-Abdi dariAbu Said Al-Khudri. (Fadhail Syahr Rajab: 496)
Hari-hari bulan Rajabtercatat di langit
AbuSaid Al-Khudri berkatabahwa Rasulullah saw bersabda:

"Bulan Rajab adalahbagiandari bulan-bulan yang muliadan hari-harinya tercatat di pintu-pintu langit yang keenam. Barangsiapa yang berpuasasatu di dalamnyakarena dasar takwa kepadaAllah, makapintu langit dan hari itu berkata: Ya Rabbi, ampuniah dia..."
Hadis ini bersumberdari: AbuMuslim Ar-Razi dariAbuNashr Manshurbin Muhammad bin Ibrahim, dari Tsawab bin Yazid dariAl-Husein bin Musa dariIshaq bin Raziq, dari Ismailbin Yahya, dari Mas'ar bin Athiyah dari AbuSaid Al-Khudri. (Fadhail Syahr Rajab: 497)
Keutamaanmandisunnah di bulan Rajab
AbuHurairah berkatabahwaRasululah saw bersabda:
"Barangsiapa yang menemui bulan Rajab, kemudian ia mandisunnah pada permulaannya, pertengahannya, dan akhirnya, ia akankeluar daridosa-dosanya seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya."
Hadis ini bersumberdari: AbuNashr bin Abi Manshur Al-Muqarri, dari ayahnyadariAbu Ja'far Ar-Razi dariJa'far bih Sahel, dari Mahmud bin Sa'd As-Sa'di, dari Ishaqbin Yahya dari Hafshbin UmardariAbbandari Al-Hasan dariAbuHurairah. (Fadhail Syahr Rajab: 497)
PuasaNabisaw di bulan Rajab
AbuHurairah berkatabahwaRasululah saw bersabda:
"Aku tidak memerintahkan berpuasadi bulan sesudah bulan Ramadhankecuali di bulan Rajab dan Sya'ban."
Hadis ini bersumberdari: Ahmad bin Ali bin Ahmad Al-Faqih, dariAbuAmer Muhammad Al-Muqarri dariAli bin Said Al-Askari, dari Umarbin Syabah An-Numairi, dariYusufbin Athiyah dari Hisyam bin Hassan, dari Muhammadbin Sirin dariAbu Hurairah.
IbnuAbbasberkatabahwa Rasulullah saw berpuasa di bulan Rajab, sehingga kami berkatabeliau tidak berbuka dan berbuka...
Riwayat ini bersumberdari: AbulHasan Muhammadbin Al-Husein bin Dawud Al-Hasani, dariAbuBakar Muhammadbin Ahmad, dariAbu AzharAs-Salithi, dari Muhammadbin AbiddariUsman bin Hakim dari Said bin Jubair, dariIbnuAbbas. (Ibid: 499)
Keutamaanpuasa di bulan Rajab
Abdul Aziz bin Said dari ayahnya, salah seorang sahabat Nabi saw, ia berkatabahwa Rasulullah saw bersabda:

"Bulan Rajab adalahbulan yang agung, di dalamnyakebaikan dilipatgandakan. Barangsiapayang berpuasasatu hari di dalamnya, makaia seperti berpuasasatu tahun. Barangsiapayang berpuasatujuh hari, makaakanditutup baginyatujuh pintu neraka. Barangsiapayang berpuasa delapan hari, makaakandibukakanbaginyadelapan pintu surga. Barangsiapayang berpuasa sepuluh hari, makaia tidak memohon sesuatu kecuali Allah memberinya. Barangsiapayang berpuasa dua puluh limahari, malaikat memanggildari langit: Dosayang lalutelah diampuni, makamulailah berbuat kebajikan. DanBarangsiapayang menambahnya, Allah akanmenambahkebaikannya."
Hadis ini bersumberdari: AbulQasim Abdul Khaliq bin Ali Al-Muhtasib, dariAbu MuhammadAli bin Muhtaj Al-Kasyani, dari AbulHasanAli bin AbdulAziz Al-Baghawi, dari Ma'la bin Mahdi dari Usmanbin Mathar Asy-Syaibani, dari AbdulGhafur, dariAbdul Aziz dariayahnya, diasalahseorang sahabat Nabi saw. (Ibid: 499)
ImamJa'far Ash-Shadiq (sa) berkata: "Barangsiapa yang berpuasasatu hari di akhir bulan bulan Rajabia akandiselamatkan dari siksaanyang berat saat sakratil maut dan azab kubur. Barangsiapayang berpuasa dua hari di akhir bulan ini ia akan diselamatkan di shirathal mustaqim. Dan barangsiapayang berpuasatiga hari di akhir bulan ini ia akandiselamatkan padahari kiamat, hari yang sangat menakutkan." (Mafatihul Jinan, bab2 Keutamaanbulan Rajab)

Sumber : https://m.facebook.com/events/127285337303288/?ref=nf

0 Response to "Keutamaan Puasa Bulan Rajab"

wdcfawqafwef